A. Pengertian
Dilihat dari
asal katanya, kata manajemen atau management dalam Bahasa Inggris berasal dari
kata Italia, maneggiare yang kurang lebih berarti menangani atau to handle.
Dalam bahasa latin ada kata yang punya pengertian hampir sama yakni manus yang
artinya tangan atau menangani.
Sementara berbicara tentang definisi, layaknya istilah-istilah lain dalam kajian Ilmu Sosial, Manajemen juga memiliki sejumlah definisi yang diberikan para ahli. Disini hanya akan dikemukakan satu definisi yang diungkapkan oleh GR Terry sebagai berikut:
Sementara berbicara tentang definisi, layaknya istilah-istilah lain dalam kajian Ilmu Sosial, Manajemen juga memiliki sejumlah definisi yang diberikan para ahli. Disini hanya akan dikemukakan satu definisi yang diungkapkan oleh GR Terry sebagai berikut:
·
Manajemen
merupakan sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan:
Perencanaan, Pengorganisasian, Penggiatan dan Pengawasan yang dilakukan untuk
menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui
pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
Pengertian
lain manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan
organisasi melalui serangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.
3 faktor yang terlibat dalam proses penyelesaian:
3 faktor yang terlibat dalam proses penyelesaian:
1. Adanya penggunaan sumber daya organisasi
(SDM, SDA, SDD, SDI)
2. Adanya proses yang bertahap
(perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian)
3. Adanya seni dalam menyelesaikan
pekerjaan
Peran
Manajer Dalam Organisasi: Efektif dan Efisien
Manajemen
diperlukan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Efektif menurut Peter F. Drucker adalah “mengerjakan pekerjaan yang benar”.
Sedangkan Efisien adalah “mengerjakan pekerjaan dengan benar”.
Agar manajemen yang dilakukan mengarah kepada kegiatan bisnis secara efektif dan efisien, maka manajemen perlu dijelaskan berdasarkan fungsi fungsinya/dikenal sebagai fungsi-fungsi manajemen (fungsi perencanaan, pengorganisasian pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan).
Agar manajemen yang dilakukan mengarah kepada kegiatan bisnis secara efektif dan efisien, maka manajemen perlu dijelaskan berdasarkan fungsi fungsinya/dikenal sebagai fungsi-fungsi manajemen (fungsi perencanaan, pengorganisasian pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan).
Disamping
pengertian dan definisi manajemen yang sudah diuraikan tadi, McFarland, 1979
juga mengemukakan empat pengertian manajemen yang biasa digunakan dalam
kehidupan sehari-hari:
1. Proses-proses pengorganisasian;
yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penggiatan dan pengevaluasian.
2. Kata manajemen juga berarti karir
atau jabatan
3. Kata manajemen juga dapat berarti
kelompok orang yang bertanggungjawab dalam menjalankan sebuah organisasi.
4. Kata manajemen juga dapat merupakan
sebuah ilmu atau seni untuk mengatur orang lain
Selanjutnya
Harbison dan Myers menggolongkan manajemen itu menjadi tiga tipe, yaitu:
1. Patrimonial Management
Terdapat apabila suatu perusahaan dimiliki oleh sebuah keluarga dan kedudukan-kedudukan yang penting dalam hirarki perusahaan dikuasai oleh anggota-anggota keluarga tersebut.
Terdapat apabila suatu perusahaan dimiliki oleh sebuah keluarga dan kedudukan-kedudukan yang penting dalam hirarki perusahaan dikuasai oleh anggota-anggota keluarga tersebut.
2. Political Management
Suatu bentuk manajemen dimana kedudukan-kedudukan penting dan pokok dalam organisasi dipegang oleh mereka yang mempunyai hubungan-hubungan politik berdasarkan atas loyalitas pada suatu partai politik tertentu.
Suatu bentuk manajemen dimana kedudukan-kedudukan penting dan pokok dalam organisasi dipegang oleh mereka yang mempunyai hubungan-hubungan politik berdasarkan atas loyalitas pada suatu partai politik tertentu.
3. Profesional Management
Kedudukan yang strategis dan penting diserahkan kepada mereka yang telah memberikan bukti akan kecakapannya, kapasitas, kesanggupan, keahlian atau dengan perkataan lain atas dasar jasa dan hasil yang mereka berikan kepada perusahaan.
Kedudukan yang strategis dan penting diserahkan kepada mereka yang telah memberikan bukti akan kecakapannya, kapasitas, kesanggupan, keahlian atau dengan perkataan lain atas dasar jasa dan hasil yang mereka berikan kepada perusahaan.
B. KONSEP DASAR MANAJEMEN
Manajemen
Sebagai ILMU (1)
Suatu bidang
Ilmu Pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami
mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat
sistem kerjasama ini bermanfaat bagi kemanusiaan.
Manajemen
Sebagai SENI (2)
Management
adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal,
demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal bagi pimpinan
maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebagaik mungkin kepada
masyarakat.
Manajemen
sebagai PROFESI (3)
Manajemen
sebagai Profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang
yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader, pemimpin atau ‘manajer’
pada suatu organisasi atau perusahaan tertentu.
Manajemen
sebagai PROSES (4)
Management
adalah proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengendalian dimana dalam masing2 bidang tersebut digunakan
ilmu pengetahuan & keahlian yang diikuti secara berurutan dalam usaha
mencapai sasaran & tujuan yang telah ditetapkan.
TERMINOLOGI
MANAJEMEN
1)
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya
organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner).
2)
Manajemen merupakan ilmu dan seni.
3)
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen: Perencanaan (Planning),
Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating/Directing),
dan Pengawasan (Controlling)
4)
Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
5)
Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian
tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)
FAKTOR-FAKTOR
DALAM PENCAPAIAN TUJUAN
1)
Adanya penggunaan sumber daya
organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya.
Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber
daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)
2)
Adanya proses yang bertahap dari mulai
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga
pengendalian dan pengawasan.
3)
Adanya seni dalam menyelesaikan
pekerjaan.
SUMBER DAYA
ORGANISASI
Sumber Daya
Manusia, Sumber Daya Informasi, Sumber Daya Fisik, Sumber Daya Keuangan, Sumber
Daya Alam, dll
PENGERTIAN
EFEKTIF & EFISIEN (drucker)
EFEKTIF :
adalah
menyelesaikan kegiatan-kegiatan sehingga sasaran organisasi dapat tercapai,
digambarkan sebagai melakukan sesuatu atau mengerjakan pekerjaan yang benar
atau tepat / doing the right things”
EFISIEN :
adalah
memperoleh output terbesar dengan input yang terkecil, digambarkan sebagai
“melakukan segala sesuatu atau mengerjakan pekerjaan dengan benar / doing
things right”
C. Fungsi
Manajemen
Berikut adalah
lima fungsi manajemen yaitu:
1. Planning
Planning atau perencanaan merupakan
pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan proyek program
prosedur metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan utk mencapai tujuan.
2. Organizing
Organizing atau pengorganisasian ini meliputi:
- Penentuan sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan yg dibutuhkan utk mencapai tujuan organisasi.
- Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
- Penugasan tanggung jawab tertentu
- Pendelegasian wewenang yg diperlukan kepada individu-individu utk melaksanakan tugasnya.
3. Staffing
Staffing atau penyusunan personalia adl
penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan serta penempatan dan
pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan
produktif.
4. Leading
Leading atau fungsi pengarahan adl
bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan
dan harus mereka lakukan.
5.
Controlling
Controlling atau pengawasan adl penemuan dan
penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai
dgn yg telah ditetapkan.
Daft
(2003:6) membagi manajemen menjadi empat fungsi saja berikut penjelasannya:
- Planning merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn pendefinisian sasaran utk kinerja organisasi di masa depan dan utk memutuskan tugas-tugas dan sumber daya-sumber daya yg digunakan yg dibutuhkan utk mencapai sasaran tersebut.
- Organizing merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn penugasan mengelompokkan tugas-tugas ke dalam departemen-departemen dan mengalokasikan sumber daya ke departemen.
- Leading fungsi manajemen yg berkenaan dgn bagaimana menggunakan pengaruh utk memotivasi karyawan dalam mencapai sasaran organisasi.
- Controlling fungsi manajemen yg berkenaan dgn pengawasan terhadap aktivitas karyawan menjaga organisasi agar tetap berada pada jalur yg sesuai dgn sasaran dan melakukan koreksi apabila diperlukan.
Daftar Pustaka:
http://ihsandro.wordpress.com/2012/02/17/konsep-dasar-manajemen/
http://ihsandro.wordpress.com/2012/02/17/konsep-dasar-manajemen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar